Profile photo of david47e

Chocolate War

Chocolate war?? masa coklat kok perang..

Tapi ini kenyataan, dalam bisnis selalu ada persaingan. Seperti PEPSI vs COCA COLA, Michellin vs Bridgestone dan masih banyak hal lainnya. Pada kuliah  Manajemen Pemasaran di  Master Program in Management, Graduate Program of Management and Business Bogor Agricultural University yang dibawakan oleh Prof Dr Ir Ujang Sumarwan, MSc , beliau memutarkan 1 video yang cukup menarik. Video tersebut menceritakan persaingan di industri coklat.

Di industri coklat sendiri juga ada persaingan yang legendaris antara …..


 

 

Pasti tau dong dua coklat itu.. Biasanya saya dapat coklat itu sebagai oleh-oleh jika ada yang pergi ke luar negeri seperti Singapura dan Amerika. Padahal kan coklat ada banyak merek dan jenis, tapi kenapa persaingan kedua pabrikan ini menjadi melegenda?.

Pada awalnya sejarah Milton Hershey Snavely mendirikan perusahaan cokelat pada tahun 1894. Produk yang dijual oleh perusahaan Hersley yaitu pada tahun 1907, Hersley memperkenalkan permen baru, kecil datar berbentuk potongan-potongan cokelat yang diberi nama Hershey Kiss,  kemudian produk berkembang terus yaitu adanya produk Snickers, Three musketeers. Dan produk yang sangat inovatif yaitu produk Desert Bar yang merupakan cokelat yang tidak meleleh pada suhu 140 derajat Farenheit dan dijadikan untuk konsumsi tentara amerika yang berperang. Sedangkan Mars awalnya menjual nugat dimana bahan baku cokelat tersebut berasal dari perusahaan Hershey. Namun semakin mapannya perusahaan Mars akhirnya Mars memutuskan hubungan kerjasama tersebut dan terus mengembangkan produk cokelatnya yaitu salah satu produknya yang sangat terkenal adalah M&M. Jelas kan kenapa mereka berkompetisi, hal ini disebabkan MARS berkembang dan memutuskan untuk memenuhi pasokannya sendiri. Hal tersebut membuat Hersey menjadi tidak suka dan akhirnya muncullah perang coklat ini.

 

Dari sisi ilmu pemasaran perang coklat ini menarik untuk ditelaah. Saya akan menggunakan metode paling dasar untuk menelaah persaingan 2 pabrikan coklat ini yaitu dengan analisis 4P.

Product : Produk yang diciptakan oleh kedua produsen coklat Hersey dan MARS mempunyai keunggulan masing yang membedakan kedua produk tersebut yang membuat hal ini menjadi daya saing. Produk coklat Hersey dapat bertahan di suhu yang tinggi sehingga tidak cepat meleleh. Sedangkan MARS melakukan diversifikasi produk dengan menciptakan M&M.

Price : Dengan penentapan harga yang murah, Hersey dapat menjangkau konsumen sehingga mendongkrak menjualan hal ini dikarenakan kapasitas pabrik yang besar sehingga harga produksi menjadi rendah. Hal yang sama juga dilakukan MARS, dengan menjual produknya dalam kemasan yang lebih kecil sehingga harganya lebih terjangkau.

Place : Dalam menyalurkan produk untuk sampai ke masyarakat kedua produsen coklat Harsey dan MARS menggunakan saluran distribusi tingkat satu yaitu direct channel sehingga produsen langsung menyalurkan produk langsung ke konsumen. Hal ini digunakan saluran distribusi tingkat 1 melihat dari karakteristik produk itu sendiri sehingga saluran yang lebih efektif dengan menyalurkan barang langsung pada konsumen.

Promotion : Promosi dalam dunia bisnis sangat diperlukan baik untuk sector barang atau jasa seperti yang dilakukan oleh MARS dengan membuat terobosan baru dengan membuat iklan animasi yang pada masanya belum ada yang menggunakan sehingga dengan iklan tersebut mendongkrak penjualan M&M . Sedangkan Hersey melakukan promosi dengan memposisikan dirinya sebagai merek coklat klasik yang telah terkenal kualitasnya.

 

No Comments

Skip to toolbar